Berikut ringkasan perkuliahahn Manajemen Pemasaran Jasa dalam Pendidikan pada pertemuan ketiga dengan tema "KONSEP DASAR JASA" di ruang DS 307 oleh Pak Amril hari Selasa, 18 Februari 2014.
Disebutkan bahwa fokus mata kulian ini adalah bisnis jasa.
Jasa menurut
Zenthaml and Bitner (1996) adalah semua pelayanan aktivitas ekonomi yang semua
keluarannya bukan berbentuk produk atau yang terlihat secara fisik yang secara
umum jasa dikonsumsi bersamaan dengan produksi dimana ada interaksi antara
konsumen dengan produsen (yang mana produsen harus lebih aktif) dan menyediakan
beberapa nilai-nilai (kenyamanan, hiburan, merasa sehat).
Sedangkan menurut Kottler, jasa adalah aktivitas
bersifat tidak nyata dan hasilnya tidak bisa dimiliki, jasa ini bisa jadi
berhubungan atau tidak berhubungan dengan produk fisik.
Karakteristik Jasa :
1.
Intangibility
a. Tidak
dapat dirasa, diraba, dicium, didengar sebelum jasa itu dibeli, bisa jadi
menggambarkan kinerja. Contoh: tidak bisa merasakan duduk di bangku perkuliahan
sebelum membayar UKT, atau tidak bisa menonton di bioskop sebelum memesan
tiket.
b.
Bisa
dibeli, bisa dikonsumsi tetapi tidak bisa memiliki. Contoh: perkuliahan.
c.
Kualitas
jasa tampak pada tempat (restaurant berada dalam tempat strategis), orang
(seperti pembicara, penyanyi), bahan-bahan (peralatan seperti tempat duduk
dalam restaurant), harga, dan simbol atau merk.
d. Tugas
penyedia jasa adalah bagaimana bisa menunjukkan bukti (kualitas terhadap
sesuatu) yang sifatnya abstrak (bisa jadi dari mulut ke mulut).
2.
Inseparability
a.
Jasa
dijual dahulu, kemudian diproduksi dan dikonsumsi secara bersamaan.
b.
Interaksi
pelanggan dan penyedia mempengaruhi hasil jasa.
c.
Kunci
sukses ada pada kualitas penyedia dan keterlibatan pelanggan.
d.
Fasilitas
pendukung dan pemilihan lokasi menjadi pertimbangan utama pelanggan.
3.
Variability
a. Memiliki
variasi bentuk, kualitas, jenis.
b. Penyebabnya:
kerjasama pelanggan, motivasi penyedia layanan, beban kerja perusahaan (Boove,
Houston, dan Till, 1995).
c. Upaya
untuk menjaga kualitas jasa ialah dengan investasi personil, standardisasi
proses, memantau kepuasan pelanggan.
d. Costumization
atau desain kebutuhan pelanggan.
4.
Perishability
a.
Komoditas
jasa tidak tahan lama, tidak dapat disimpan.
b.
Bisa
disimpan dalam bentuk reservasi. Contoh: pemesanan tiket.
c.
Permintaan
pelanggan bervariasi dipengaruhi oleh musim.
Kunci sukses jasa :
- Renewing the service offering (memperbaharui penawaran jasa).
- Localizing the point of service system (menentukan lokasi di tempat lain).
- Leveraging the service contract (pemanfaatan atas kesepakatan produsen dengan konsumen).
- Using information power strategically (memanfaatkan kekuatan informasi yang strategis).
- Determining the strategic value of a service business (menentukan nilai strategis yang bisa mempengaruhi apa yang bisa ditampilkan).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar