Kamis, 27 Februari 2014

Analisis Lingkungan Pemasaran

Ringkasan perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa dalam Pendidikan pada pertemuan keeempat dengan tema "ANALISIS LINGKUNGAN PEMASARAN" di ruang DS 307 oleh Pak Amril hari Selasa, 25 Februari 2014.

Lingkungan pemasaran adalah lingkungan perusahaan yang terdiri atas pelaku dan dorongan yang berasal dari luar pemasaran yang mempengaruhi manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan mengelola transaksi agar sukses dengan menargetkan kepentingan pelanggan. Lingkungan pemasaran terdiri atas 2 lingkungan, yakni lingkungan mikro dan makro.
  •       Microenvironment (Lingkungan Mikro) : pelaku yang dekat dengan perusahaan, seperti ada kegiatan transaksi yang terjadi melibatkan komunikasi antar produsen dan konsumen secara aktif (pembeli bertanya lalu membeli) maupun pasif atau tidak melakukan transaksi (pembeli hanya bertanya, tidak membeli). Lingkungan mikro terdiri atas: perusahaan itu sendiri, supplier (pemasok), perusahaan saluran pemasaran, pelanggan pasar, pesaing, dan masyarakat.  
  •        Macroenvironment (Lingkungan Makro) : kekuatan sosial yang besar yang dapat mempengaruhi lingkungan mikro perusahaan. Contoh: keadaan demografi, kondisi alam, teknologi, ekonomi, alam, budaya, dan politik.

Pekerjaan manajemen pemasaran membangun hubungan dengan customer dengan menciptakan nilai dan kepuasan bagi customer. Kesuksesan mereka bergantung pada faktor lingkungan mikro juga, dengan kata lain marketing manager tidak bisa mencapai dengan sendiri.

Di dalam perusahaan atau organisasi, harus terdapat:
a. Top management (pimpinan teratas)
b. Finance (keuangan)
c. Riset and Development (riset dan pengembangan atau uji coba)
d. Purchasing (pertimbangan dalam membeli bahan-bahana)
e. Manufacturing (proses pembuatan)
f. Accounting (pencatatan)

LINGKUNGAN MIKRO, TERDIRI ATAS:

    1.      Suppliers (Pemasok)ialah penyedia sumber daya yang dibutuhkan perusahaan untuk memproduksi barang dan jasa yang bertugas:
a.         Mengawasi ketersediaan barang (supply).
b.         Mengawasi trend harga (apakah sedang naik atau turun) dari keluaran produk.

   2.      Marketing Intermediances (Perantara Pemasaran)ialah perusahaan yang membantu untuk promosi, menjual, dan mendistribusikan dengan baik kepada konsumen akhir. Perantara pemasaran meliputi penjual perantara (reseller), perusahaan distribusi fisik, agen pelayanan pemasaran, dan jasa pemasaran.
  • Penjual perantara adalah perusahaan saluran distribusi yang membantu perusahaan menemukan pelanggan atau melakukan penjualan untuk perusahaan. Penjual perantara diliputi pedagang grosir dan pengecer.
  • Perusahaan distribusi fisik membantu perusahaan menyimpan dan memindahkan barang-barang perusahaan dari titik asalnya ke tempat tujuan.
  • Agen pelayanan pemasaran (bagian promosi) adalah  agen periklanan, perusahaan media, dan firma konsultan pemasaran yang membantu perusahaan menetapkan target dan mempromosikan produk perusahaan pada pasar secara tepat.
  •  Agen jasa pemasaran adalah firma riset pemasaran, agen periklanan, perusahaan media, dan firma konsultan pemasaran yang membantu perusahaan menetapkan target dan mempromosikan produk perusahaan pada pasar secara tepat.

3. Customer (Pelanggan) :

  • Customer Markets (Pasar Konsumen) terdiri dari perorangan dan keluarga yang membeli barang dan jasa untuk konsumsi pribadi.
  • Business Markets (Pasar Bisnis) membeli barang dan jasa untuk pemrosesan lebih lanjut atau untuk digunakan dalam proses produksi perusahaan.
  • Reseller Markets (Pasar Penjual Perantara) membeli barang dan jasa untuk dijual kembali demi mendapatkan laba.
  • Government Markets (Pasar Pemerintah) terdiri dari badan-badan pemerintah yang membeli barang dan jasa untuk menghasilkan pelayanan umum.
  •  International Market (Pasar Internasional) terdiri dari para pembeli di negara lain, termasuk konsumen, produsen, penjual perantara, dan pemerintah.
 4.      Publics (Masyarakat), kelompok yang memiliki kepentingan atau pengaruh dalam organisasi atau perusahaan.
a.      Financial Publics (Masyarakat Keuangan)
b.      Media Publics (Masyarakat Media)
c.       Government Publics (Kebijakan Pemerintah)
d.      Citizen-action Publics (Lembaga Konsumen atau masyarakat LSM)
e.       Local Publics (Masyarakat Lokal)
f.       General Publics (Masyarakat Umum)
g.      Internal Publics (Kelompok dalam yang bisa mempengaruhi)

LINGKUNGAN MAKRO PERUSAHAAN, TERDIRI ATAS:

   1.      Demographic Environment (Lingkungan Demografis), ialah studi kependudukan. Terdiri atas:
a.      Size (jumlah penduduk)
b.      Density (kepadatan penduduk)
c.       Location (tempat)
d.      Age (usia)
e.       Gender (jenis kelamin)
f.       Race (ras/suku)
g.      Occupation (pekerjaan)
h.      Other Statistic (data-data statistik lain à ukuran pesanan)

   2.      Economy Environment (Lingkungan Ekonomi)
a.      Daya beli, seperti adanya diskon.
b.      Pola pengeluaran, seperti berapa besar pengeluaran satu keluarga)

   3.      Natural Environment (Lingkungan Alam)
a.      Daya tahan bahan baku
b.      Kenaikan biaya dan sumber daya seperti listrik, gas, dll
c.       Kenaikan polusi
d.      Intervensi pemerintah mempengaruhi sumber bahan

   4.      Technological Environment (Lingkungan Teknologi)
a.      Teknologi baru
b.      Menciptakan produk
c.       Peluang pasar
d.      Perubahan kecepatan teknologi
e.       Uji coba (berapa besar budgetnya)
f.       Berawal dari perubahan yang kecil
g.      Perubahan berdasarkan aturan

   5.      Political Environment (Lingkungan Politik)
a.      Hukum
b.      Agen pemerintahan
c.       Golongan yang berpengaruh
d.      Perubahan kebijakan mengenai bisnis
e.       Perubahan Pemerintahan

   6.      Cultural Environment (Lingkungan Budaya)
a.      Ketekunan Nilai Budaya
b.      Kesiapan orang-orang untuk menerima budaya baru
·   Orang-orang memandang dirinya
·   Orang-orang memandang orang lain
·   Orang-orang memandang organisasi
·   Orang-orang memandang masyarakat
·   Orang-orang memandang alam
·   Orang-orang memandang keseluruhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar