Periklanan: semua bentuk yang terbayar atas presentasi non
produksi dan promosi ide, barang atau jasa oleh sponsor yang jelas. Manajer perusahaan
harus selalu mengidentifikasi pasar sasaran dan motif pembei, lalu menggunakan
keputusan utama (5M). 5M dalam periklanan adalah:
1. Misi, berupa tujuan penjualan dan tujuan periklanan.2. Money, terdiri atas: (a) promosi pasar dan bisnis konsumen, (b) persaingan dari konsumen, (c) frekuensi iklan, (d) kemampuan penggantian produk.3. Message, terdiri atas: (a) proses pembentukan pesan, (b) evaluasi dan pemilihan pesan, (c) pelaksanaan pesan, (d) review pean atas tanggung jawab sosial.4. Media, terdiri atas: (a) jangkauan media, (b) jenis media utama, (c) sarana media khusus, (d) penetapan waktu media, (e) alokasi mdia geografis.5. Measurement, berupa dampak komunikasi dan penjualan.
Dalam mengembangkan
dan mengelola program iklan, diperlukan:
a. Menentukan tujuan, yaitu tugas komunikasi khusus dan tingkat pencapaian yang harus dicapai dengan pemias tertentu dalam jangka waktu tertentu. Tujuan iklan antara lain: tujuan persuasif, informatif, pengingat, dan penguat.b. Memutuskan Anggaran Iklan. Faktor yang mempengaruhi keputusan anggaran: tahapan dalam siklus, pangsa pasar dan basis konsumen, dll.c. Mengembangkan Kampanye Iklan
- Pembentukan dan evaluasi pesan: menghubungkan merk dan konsumen secara rasional dan emosional, membedakan merek dari pesaing dengan tajam, cukup luas dan fleksibel untuk diterjemahkan ke dalam berbagai media, pasar dan periode waktu.
- Pengembangan kreatif dan pelaksanaan: iklan, televisi, media cetak, radio.
- Masalah hukum dan sosial: pengiklan tdk boleh membuat pernyataan yg salah, menipu, tak boleh menyerang masyarakat umum dan kelompok etnis, ras.
Alternatif opsi
iklan:
a.
Iklan tempat mencakup papan iklan, ruang publik
seperti pesawat terbang
b.
Penempatan produk
yakni dalam film atau acara TV
c.
Titik
pembelian iklan dalam toko seperti di kereta belanja, lorong
Tidak ada komentar:
Posting Komentar